Minggu, 20 Januari 2013

Wisata Budaya - Batang


Edited By


Situs Silurah/ Arca Ganesa
Prasasti Canggal sebagai bukti sejarah Indonesia yang dibuat pada tahun 732 M atas perintah Raja Sanjaya menyebutkan bahwa “di Pulau Jawa yang masyhur ada seorang raja bernama Sanna”.
Sanna yang agung atau “Mahasanna” kemudian berubah menjadi Mahasin dan orang sekarang menyebutnya dengan Masin, adalah sebuah desa di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.
Tersebutlah kerajaan Mahasin dengan rajanya Senna yang memerintah rakyatnya dengan adil dalam waktu yang lama. Pada tahun 684 M Mahasin digempur oleh Sriwijaya.
Senna bersama dengan putra mahkotanya lari kearah selatan mendirikan padepokan di Desa Silurah, ditandai dengan adanya situs misterius dengan patung Ganesya dan peninggalan purbakala bercorak Hindu lainnya, sedangkan Sanjaya sebagai putra mahkota diungsikan ke selatan di kaki gunung Merapi.
Sebagai tempat pelarian, sampai sekarang situs Silurah ini masih berbau mistis yang menyatakan bahwa pegawai pemerintah dilarang mendekati wilayah tersebut. Disamping patung Ganesha yang terletak di lembah pertemuan antara sungai Retno dengan sungai Semilir, masih banyak peninggalan purbakala di Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal ini, seperti lingga dan yoni sebagai lambang kesuburan serta umpak berundak bekas reruntuhan candi.
DIREKTORI PERUSAHAAN

KABUPATEN BATANG
Kabupaten Batang memiliki luas wilayah 788,64 km persegi dengan ibukota Kabupatennya berada di Kota Batang. Secara geografis Batang terletak pada 6" 51" 46" - 7" 11" 47" Lintang Selatan dan 109" 40" 19" - 110" 03" 06" Bujur Timur. Wilayah kabupaten Batang merupakan perbukitan dan pegunungan serta dataran rendah di sepanjang pantai utara yang tidak begitu luas, sedangkan di bagian selatan terdapat dataran tinggi Dieng dengan puncaknya Gunung Prahu. Secara administratif Kabupaten Batang dibatasi dengan Kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara di sebelah selatan, Kabupaten Kendal di sebelah timur, Kota/Kabupaten Pekalongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara.

Kabupaten yang memiliki keunikan geografis di Jawa Tengah. Pusat kota Kabupaten Batang memang berada di pinggiran pantai dan berhawa cukup panas, namun daerah ini juga memiliki wilayah dengan ketinggian cukup ekstrem, mulai dari nol meter hingga ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Oleh karena itu tidak mengherankan, Kabupaten Batang dengan jumlah penduduk mendekati 700.000 jiwa ini memiliki sumber penghidupan dari kawasan laut dan pegunungan. Potensi pariwisata kabupaten dengan luas wilayah 78.864,16 hektare ini juga memiliki karakter pesisir/laut dan pegununungan.

Sebagai kabupaten yang memiliki posisi geografis strategis, karena menjadi lintasan jalur utama pantura yang mengubungkan ujung barat dan ujung timur Pula Jawa, Kabupaten Batang terus bergeliat mengembangkan potensinya. Melinik posisinya yang strategis, daerah ini kelak akan menjadi salah satu kawasan industri dan perdagangan terkemuka di Jawa Tengah.




Puluhan industri besar, terutama di bidang tekstil dan garmen, juga berdiri di daerah ini. Keberadaannya menopang pergerakan industri garmen dan batik di daerah tetangganya, Pekalongan.

Selain itu, Batang juga memiliki kekayaan alam dan ekonomi beragam, mulai dari hutan jati, perkebunan the, gondorukem, hingga objek pariwisata kawasan laut. Bila Anda tiba di Batang, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk menikmati objek wisata yang ada di daerah ini.

Bila Anda ingin menikmati udara sejuk, sejumlah objek wisata dataran tinggi bisa menjadi pilihan. Namun, bila Anda merasa lebih nyaman berada di kawasan pesisir, silakan menikmati desiran ombak dan angin khas suasana pantai.

Tersedianya sejumlah hotel berbintang di Kabupaten Batang juga memudahkan setiap wisatawan untuk menghabiskan waktu hingga malam di daerah ini. Aneka makanan khas juga tersaji di daerah, namun bila ingin mendapatkan pilihan lebih banyak lagi, menuju Kota Pekalongan bukan pilihan yang salah. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit menuju Kota Pekalongan. Di Kota Batik ini pengunjung memiliki banyak pilihan makanan, mulai dari yang tradisional hingga modern.

Senin, 12 Mar 2012
Produk makanan ringan khas Batang ini dapat diperoleh dengan mudah di setiap pasar dan toko-toko.
Emping Mlinjo yang sebagian besar diproduki oleh warga Kecamatan Limpung dijual seharga sekitar Rp15 ribu per kilogram ini bisa disajikan untuk menyuguh tamu ...

Senin, 12 Mar 2012
Kawasan wisata belanja dan cindera mata ini berada di Kelurahan Matangan, tidak jauh dari Ibukota Batang atau sekitar 1,5 kilometer ke arah barat jalur pantai utara.
Berbagai produk khas Batang, seperti batik matangan, sepatu kulit, dan sabuk ukir dengan ...

Senin, 12 Mar 2012
Batang Dholpin Center Unit Taman Safari Indonesia ini berada di kawasan Pantai Sigandu. Para pengunjung tidak perlu repot-repot melihat atraksi lumba-lumba dan anjing laut ke Ancol, Jakarta.
Selain akan dimanjakan dengan panorama yang indah dan angin ...

Senin, 12 Mar 2012
Perkebunan teh yang dikelola oleh PT Pagilaran Batang, terletak di Desa Bawang Kecamatan Blado, berjarak kurang lebih 40 km kearah selatan dari Kota Batang dengan luas areal mencapai 1.131,25 Ha. Berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut ...

Senin, 12 Mar 2012
Lokasi Pantai Sigandu ini berada sekitar 2,5 kilometer dari pusat Ibukota Batang dapat dijangkau dengan menggunakan mobil, bus, dan sepeda motor karena jalan menuju ke kawasan itu sudah diperlebar dan beraspal meski saat ini sedikit sudah rusak.
Kawasan ...






Tradisi Lomban-Kab. Batang
Merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan pada Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya. Diadakan oleh masyarakat Klidang Lor Kecamatan Batang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang.


Atraksi Lumba-lumba di Pantai Sigandu
Kehadiran Taman Safari Indonesia ikut menaikan gengsi OW Sigandu. Saat ini, Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor sedang merampungkan pembangunan kolam Lumba-lumba atau semacam sea wolrd dan tempat rekreasi modern. Taman Safari Indonesia awalnya menggunakan lahan seluas 5000 m2 untuk areal kolam penangkaran dan pelatihan lumba-lumba. Nantinya, akan ditambah.


Pesona Wisata Bahari Sigandu
Warga Kabupaten Batang patut berbangga. Sigandu benar-benar sudah layak jadi obyek wisata faforit di kawasan Pantura, bahkan Jawa Tengah. Lihat saja, pantainya yang landai lumayan bersih. Ombaknya tak begitu besar. Kawasan Sigandu juga mulai tertera dan terus berbenah.


Kirab Budaya Berlangsung Meriah
Salah satu kegiatan dalam rangkaian acara hari ulang tahun Kabupaten Batang yang ke-45 adalah Kirab Budaya Dan Pusaka. Kirab yang digelar Selasa (5/4) diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Batang, para pejabat pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang, dan berbagai lapisan masyarakat. Kirab berlangsung meriah, masyarakat terlihat antusias menyaksikan di sepanjang rute yang dilalui.


Tradisi Kliwonan di Batang
Setiap malam Jumat Kliwon, Alun-alun Batang selalu dipadati oleh ribuan manusia. Masyarakat Batang dan sekitarnya tumpah-ruah di Alun-alun, sehingga tak jarang memacetkan arus lalu-lintas di jalur utama pantura. Tradisi yang dikenal dengan sebutan Kliwonan itu menjadi agenda rutin masyarakat Batang, dan tak pernah absen digelar setiap 35 hari sekali (selapanan).


Pantai Sigandu
Terletak 2 kilometer sebelah utara Kota Batang memiliki pantai dengan butiran pasir dan panorama yang eksotik, bersih lengkap dengan cafe-cafe yang menyajikan makanan hasil laut yang lezat dan minuman yang segar.
Para wisatawan dapat berjalan kaki menyusuri pantai, berenang atau menikmati angin laut yang berhembus sepoi-sepoi. Bagi yang ingin menikmati perjalanan bahari, wisatawan dapat menyewa kapal Wisata Sigandu I dan II.
Pantai Sigandu saat ini telah menyediakan fasilitas sirkuit balap bagi para pecinta Motor Cross.



Pantai Ujung Negoro
Berada di Ujungnegoro Kecamatan Kandeman, jarak menuju lokasi sekitar 20 Km sebelah timur laut Kota Batang. Di panti ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan tebing karang di tepi laut yang memiliki daya tarik tersendiri, karena disamping memiliki panorama yang indah juga memiliki kekuatan magis, di bibir pantai terdapat gua Aswotomo yang konon menurut legenda tembus hingga Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo.
Curug Sigenting
Lokasi di Selatan Batang
Kebun Teh Pagilaran
Terletak di Desa Bawang Kecamatan Blado, 40 Km arah selatan dari pusat Kota Batang, dengan luas areal 1.131,25 Ha. Selain merupakan lokasi favorit tempat istirahat, dapat juga sebagai tempat untuk penyelenggaraan rapat-rapat, pertemuan, kursus dan pelatihan. Karena tersedia Wisma, Home Stay, Ruang Rapat dan Ruang Pertemuan.
THR Kramat
THR Kramat berada di tepi sungai Kramat dan merupakan tempat dimana pentas kesenian dan kebudayaan sering diadakan. Tempat ini sering digunakan untuk perkemahan pelajar karena memiliki area yang luas dan dilengkapi fasilitas area bermain anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar